Seberapa Lama Lauk Sayur Boleh Disimpan di Kulkas CARA SEHAT

Posted on

Seberapa Lama Lauk Sayur Boleh Disimpan di Kulkas

DokterSehat.Com – Kulkas adalah salah satu peralatan elektronik yang sangat berguna bagi kehidupan rumah tangga. Dengan adanya kulkas, bahan makanan yang kita beli bisa kita jaga kesegarannya sebelum diolah. Tak hanya itu, kita juga kerap menyimpan makanan yang sudah siap disantap pada kulkas, khususnya lauk sayur. Dengan menyimpannya di dalam kulkas, diharapkan sayur ini tidak mudah basi sehingga bisa kita hangatkan dan konsumsi lagi di lain waktu. Sebenarnya, apakah hal ini tidak apa-apa untuk dilakukan?

doktersehat-kulkas-lemari-es

Pakar kesehatan dr. Reisa Broto yang merupakan mantan finalis Miss Indonesia menyebutkan bahwa sebenarnya boleh-boleh saja menyimpan lauk sayur di dalam kulkas. Hanya saja, ada baiknya kita harus memperhatikan seberapa lama kita menyimpan sayur tersebut di dalam kulkas.

Dr. Reisa menyebutkan bahwa setiap makanan memiliki rekomendasi waktu yang berbeda-beda untuk disimpan di dalam kulkas. Sebagai contoh, makanan basah cenderung lebih mudah basi sehingga sebaiknya tidak disimpan terlalu lama. Selain itu, makanan yang sudah jadi sebaiknya tidak disimpan melebihi 24 jam. Terkecuali jika makanan ini disimpan di dalam freezer yang tentu bisa bertahan lebih lama. Jika kita menyimpannya terlalu lama, dikhawatirkan kandungan di dalamnya rusak sehingga jika dikonsumsi, hal ini justru bisa membahayakan kesehatan. Padahal, makanan yang kandungannya sudah berubah terkadang belum tentu bisa kita kenali dengan kasat mata dan hanya mengalami sedikit perubahan pada rasa atau baunya.

Makanan yang disimpan terlalu lama juga dikhawatirkan akan menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan jamur dan membuatnya busuk. Jika kita mengkonsumsinya, dikhawatirkan kita akan mengalami keracunan yang bisa sangat berbahaya bagi tubuh kita. Yang menjadi masalah adalah, proses penyembuhan dari keracunan makanan ini cenderung lama untuk dilakukan.

dikutip dari sumber informasi: Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *